Tuesday, September 6, 2016

Disc Brake pada Honda Verza

Rem Tromol ke Rem Cakram


Halo broder and sister semua.. Jumpa lagi di blog saya LoopDaLuk.. Kali ini saya ingin membahas mengenai penggunaan rem cakram belakang pada honda Verza. Sebagai informasi saja, saya menggunakan rem cakram untuk kelihatan lebih keren aja dan biar lebih gampang merawat motornya saja. Rem asli atau bawaan dari Verza sendiri adalah rem tromol atau biasa kita bilang rem drum. Ada plus dan minusnya untuk penggunaan rem tromol sendiri dengan penggunaan rem cakram. Rem cakram berbeda dengan disc brake. Terlihat jelas pada tampilan dan fungsi sebenernya dari rem tersebut. Untuk rem tromol dipergunakan untuk motor utility dan juga motor yang low cost, sama halnya dengan mobil juga.

Rem cakram memang sedikit lebih enak untuk kita mengurangi kecepatan motor dan lebih pakem dari pada kita menggunakan rem tromol. Untuk pemasangan disc brake pada Honda Verza perlu ketambahan part atau kita mengganti partnya. Part yang perlu diganti adalah Velg belakang saja. Bentuk velg untuk rem tromol berbeda dengan rem cakram. Jika kita tidak mau membeli velg untuk disc brake, maka kita perlu membuat dudukan pada tempat tromolnya, tetapi tidak dijamin akan aman saat kita hard breaking. Jika kita memiliki berkat yang berlebih, alangkah baiknya kita membeli velg belakang yang second punya NMP (harga sekitar Rp 500.000, bergantung siapa yang menjual). Untuk pemasangan sangat mudah, Plug and play lebih tepatnya, tetapi ada sedikit pengubahan yaitu penambahan Spacer di velgnya, dikarenakan rem tromol asli sudah include spacer. Untuk master caliper dan set untuk rem cakram disarankan untuk mencomot punya NMP, karena memang part NMP yang bisa dikanibalkan. Pemasangan rem cakram ke swing armnya Plug n Play, tetapi untuk pemasangan tabung dan reservoar remnya yang butuh penambahan. di usahakan pemasangannya mengikuti sudut pemasangan dari punya NMP. Untuk bentuk dari pedal rem belakang juga mengalami perubahan.

Total pemasangan rem belakang bisa mencapai Rp 800.000 (tergantung siapa yang menjual dan tukang las yang mengerjakan). Kesan penggunaan rem cakram pada Verza :

  • Seperti menggunakan NMP
  • Rem lebih pakem dari sebelumnya
  • Tidak perlu menekan pedal terlalu keras jika ingin mengerem
  • Lebih keren (opini penulis aje)

Selama pemakaian rem cakram di motor saya, yang saya rasakan sedikit berbeda pada pengereman terutama jika kita memasang tabung dan resevoar dengan benar sehingga tidak ada gejala rem mudah masuk angin dan rem gampang kepanasan. Untuk maintenance lebih diperhatikan pada calipernya, lebih sering dibersihkan dan jangan sampe piringan di semprot dengan chain lube atau cairan WD. segitu saja yang saya bisa sampaikan.. jika ada pertanyaan silahkan cantumkan di commentar saja. Thank you..

1 comment:

  1. Tanya bro: tempat beli velg second untuk verza daerah tangerang dimana ya?

    ReplyDelete